“PERAN ENTREPRENEURSHIP BERBASIS SYARIAH DALAM MENGHADAPI ERA MODERN”

Pemateri: DR. Firman Setiawan, SHI., MEI., CIQn

Peranan entrepreneur bagi negara adalah membuka jenis usaha baru dan lapangan kerja yang baru. Entrepreneur merupakan proses untuk melakukan pengidentifikasian, pengembangan, dan serta membawa pandangan ke depan dalam kehidupan. Artinya entrepreneur memiliki peranan penting dalam kemampuan untuk menciptakan dan menyediakan produk yang memiliki nilai tambah melalui keberanian dalam mengambil resiko, kreativitas dan inovasi dalam usaha serta mampu menata dengan baik untuk mencari dan membaca peluang yang ada dalam suatu pasar.

Ada beberapa komponen untuk para pengusaha agar produknya sesuai dengan syariah dalam menghadapi era modern yaitu yang pertama produknya halal, baik dari bahan, alat/media, produk akhir, yang kedua pembiayaan halal yang menggunakan jenis LKS atau pendanaan lainnya yang sesuai syariah, yang ketiga manajemen syariah yakni tidak melanggar al-dharuriyah al-khamsah, dan yang keempat transaksi dan pemasaran dilaksanakan sesuai prinsip syariah. Misalnya ketika seorang pengusaha mendaftarkan produknya ke MUI, tetapi produknya menggunakan nama yang tidak baik, hal tersebut akan membuat produk tersebut tidak diterima oleh lembaga MUI karena tidak sesuai dengan aturan dalam MUI.

Banyak sekali motivasi agar seorang pengusaha di Indonesia dapat berkembang di Era modern ini, seperti pengembangan digitalisasi misalnya menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk yang dijual oleh seorang pengusaha. Yang kedua yakni membangun Ekosistem, misalnya membangun Ekosistem yang halal yang tidak melanggar syariah seperti produk yang halal Entertaiment yang tidak mengarah pada kemaksiatan dan kesyirikan, menggunakan LKS, pariwisata berbasis islami maupun jasa yang dilakukan secara halal.

Untuk menciptakan seorang wirausahawan tidaklah mudah. Sebab masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih pekerjaan sebagai karyawan ataupun pegawai, baik negeri/swasta. Hal ini disebabkan karena wirausaha belum menjadi alternatif pilihan negara dalam memecahkan krisis multidimensional yang melanda Indonesia walaupun saat ini pemerintah sudah merencanakan untuk mengembangkan sektor usaha kecil menengah. Akan tetapi, jika mau mengikuti konsep yang sesuai dengan tuntunan ajaran Islam sebagai suatu agama yang memang hadir untuk menghormati umat manusia di muka bumi ini, tentu bangsa Indonesia akan mampu menyelesaikan seluruh problem kesejahteraan dengan segera menciptakan entrepreneursip berbasis ekonomi syariah.

PENULIS: Zumrotis Sholihah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *