“Outlook PE (Perencanaan Ekonomi) menurun, Lumpuhkah Ekonomi Syari’ah “

OUTLOOK Secara bahasa : pandangan, apa yang mungkin terjadi, harapan. Secara istilah outlook dapat diartikan sebagai Harapan yang akan dituju oleh Subjek terhadap Objek dengan memperhatikan tantangan yang ada. Sedangkan definisi Outlook dalam bidang Ekonomi adalah rangkuman kegiatan ekonomi pemerintah yang berisi rencana pemerintah dalam melaksanakan perekonomian serta rencana-rencana pembangunan pemerintah serta kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah di tahun depan. Fungsi yaitu Untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara ditahun depan. biasanya para investor dapat melihat outlook ekonomi, dengan demikian para investor mengetahui hal apa saja yang dapat dilakukan pemerintah dengan perekonomian tersebut, sehingga dapat diketahui bahwa kebijakan pemerintah akan mengarah kemana.
Dengan mengetahui outlook ekonomi, maka para pengusaha dapat memprediksi bagaimana kelangsungan bisnisnya dilihat dari faktor sosial ekonomi yang terjadi di suatu negara. Outlook Perekonomian Indonesia di tahun 2020 dibagi menjadi dua, yaitu :
1). Mengetahui target pertumbuhan Ekonomi Indonesia di tahun 2020 adalah 5,3%
2). Asumsi (perkiraan) yang dapat mempengaruhi tercapai / tidaknya target tersebut
Dari beberapa tantangan tersebut kecuali keadaan yang tidak terduga-duga seperti pandemi Covid-19, sebenarnya Pemerintah Indonesia sudah tau di awal dan punya beberapa cara untuk mengantisipasi yang dirumuskan dalam Outlook Ekonomi Indonesia 2020 dengan judul Arah Pembangunan Ekonomi Indonesia. Dengan itu muncul kebijakan darurat yang dilakukan pemerintah :mengoptimalkan penggunaan produksi dalam negeri yang dapat memenuhi permintaan kebutuhan di pasar domestik , Melakukan relaksasi terhadap berbagai tanggung jawab kebutuhan kredit Masyarakat, Bekerja samadengan Bank Indonesia dan OJK untuk melakukan berbagai ikhtiar guna menjaga stabilitas keuangan ada 7, yaitu peran Lembaga Sentral & Pengawal Stabilitas Keuangan Indonesia (BI & OJK)

  1. Memperkuat intensitas kebijakan triple intervention .
  2. Memperpanjang tenor Repo SBN hingga 12 bulan dan menyediakan lelang setiap hari.
  3. Menambah frekuensi lelang FX swap tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dari 3 (tiga) kali seminggu menjadi setiap hari.
  4. Memperkuat instrumen Term Deposit valuta asing.
  5. Mempercepat berlakunya ketentuan penggunaan rekening Rupiah dalam negeri (Vostro) bagi investor asing.
  6. Memperluas kebijakan insentif pelonggaran GWM harian dalam Rupiah sebesar 50bps yang semulahanya ditujukan kepada bank-bank yang melakukan pembiayaan ekspor-impor, ditambah dengan yang melakukan pembiayaan kepada UMKM dan sektor-sektor prioritas lain, berlaku efektif sejak 1 April 2020.
  7. Memperkuat kebijakan sistem pembayaran untuk mendukung upaya mitigasi penyebaran COVID-19 melalui :a). Ketersediaan uang layak edar yang higienis, layanan kas, dan backup layanan kas alternatif, sertamenghimbaumasyarakat agar lebih banyak menggunakan transaksi pembayaran secara non tunai. b) mendorong penggunaan pembayaran non tunai dengan menurunkan biaya Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dari perbankan ke Bank Indonesia yang semula Rp 600 menjadi Rp 1 dan dari nasabah keperbankan semula maksimum Rp3.500 menjadi maksimum Rp2.900, berlaku efektif sejak 1 April 2020 sampai dengan 31 Desember 2020; dan c). Mendukung penyaluran dana non tunai program-program Pemerintah seperti Program Bantuan Sosial PKH dan BPNT, Program Kartu Prakerja, dan Program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah.
    Ekonomi Syariah tidak lumpuh. Para Penggiatnya yang belum maksimal memaksimalkan keindahan yang ada di Eksyar. Contoh pada saat keadaan global sepertiini + wabah pandemi Covid-19. Teman teman pernah terfikirkah untuk memaksimalkan Filantropi Islam (ZIS) untuk membantu Masyarakat sekitar Kita? Contoh singkat adalah zakat yang bisa Kita manfaatkan dari orang yang mampu kepada orang yang saat ini tidak bisa bekerja karena terhambat dengan work from home dan mereka mendapat gaji per hari. Contoh tukangbecak, tukang ojol, dll. Beberapa bahkan mereka ada yang terlilit utang. Zakat bisa digunakan karena orang yg terlilit utang / kredit disebut gharimin, dan gharimin adalah salah satu dari 8 ashnaf. Saat ini Kita adalah bagian dari salah satu Tenaga yang bisa menjadi kekuatan Indonesia apabila menjadi jama’ah yang punya satu frame. Yaitu tetap menebar sikap optimisme kepada Masyarakat. Karena pemerintah, BI, dan OJK hanya bisa sebatas mengeluarkan himbauan / kebijakan. Kita yang sehari-hari bersama Masyarakat mulai dari Keluarga, tetangga, atau orang orang lain di sekitar Kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *